Hai sobat NgeblogAsyik.com, kebanyakan orang yang berselancar di dunia maya pasti mengiginkan sesuatu, baik itu informasi maupun penghasilan. Didunia maya banyak peluang untuk menghasilkan uang baik menjadi publisher, treding dan lain sebagainya. Salah satu cara menghasilkan dollar dari Internet yang lagi buming saat ini adalah investasi Bitcoin.

Apa itu Bitcoin?

Definisi paling sederhana dari Bitcoin adalah “mata uang virtual”. Lengkapnya, Bitcoin merupakan mata uang virtual yang hanya ada dalam bentuk digital. Ia tidak diatur ataupun dipengaruhi oleh regulasi pemerintah ataupun lembaga keuangan manapun. Kalau begitu, maka Bitcoin walaupun berfungsi sebagai alat pembayaran, ia tidak mempunyai wujud fisik seperti lembaran uang kertas ataupun koin yang ada di dompet Anda. Tapi fungsinya sama, sebagai alat pembayaran. Bitcoin juga dapat diuangkan ke dalam mata uang resmi/konvensional.

Bagaimana Cara Kerja Bitcoin?

Bitcoin menggunakan jaringan peer-to-peer tanpa penyimpanan terpusat, yang artinya ia dapat ditransfer ke manapun selama ada jaringan internet. Mata uang yang dimiliki oleh seseorang nantinya akan disimpan di suatu aplikasi bernama Bitcoin Wallet. Jadi, Anda tidak akan menerima uang dalam wujud fisik apapun selain berupa aplikasi di gadget Anda. Aplikasi ini harus terpasang di komputer, tablet atau smartphone penerima dan pengirim. Selanjutnya pemilik Bitcoin akan mendapatkan yang namanya Bitcoin Address yang berguna untuk menerima kiriman Bitcoin seperti layaknya alamat email. Seluruh komputer yang terhubung ke jaringan Bitcoin akan menjadi pengatur sekaligus yang memverifikasi data transaksi guna mencegah terjadinya kecurangan.

Apa Kelebihan Bitcoin?

Bitcoin mempunyai beberapa kelebihan dibandingkan mata uang konvensional, antara lain

  • Tanpa batas, ia dapat dikirim di dan ke mana saja di seluruh belahan dunia kapanpun.
  • Biaya transfer yang relatif kecil bahkan 0.
  • Resiko yang minimal, relatif lebih aman dan tidak menggunakan informasi-informasi pribadi yang bersifat penting atau rahasia.
  • Netral dan transparan, Anda bahkan dapat melihat dan memverifikasi secara real-timepasokan dan ketersediaan rantai blok Bitcoin. Seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, tidak ada satupun lembaga yang dapat mengatur atau memanilupasi Bitcoin.

Apa Kelemahan Bitcoin?

Selain kelebihan, Bitcoin juga punya beberapa kelemahan. Misalnya:

  • Masih banyak orang yang belum menerima Bitcoin sebagai alat pembayaran yang sah.
  • Total sirkulasi dan perusahaan/organisasi yang menerima Bitcoin masih relatif kecil
  • Aplikasi Bitcoin masih dalam fase beta sehingga ada banyak fitur yang sedang dalam pengembangan dan belum bisa dipergunakan.

Apakah Bitcoin Legal?

Bank Indonesia sebagai otoritas moneter Indonesia melarang penggunaan bitcoin atau mata uang virtual lainnya sebagai alat pembayaran. Pelarangan oleh Bank Indonesia (BI) ditujukan bagi pelaku layanan keuangan berbasis teknologi (financial technology) termasuk e-commerce agar tidak menerima bitcoin.

Pelarangan ini tertuang dalam Peraturan Bank Indonesia tentang Penyelenggaraan Pemrosesan Transaksi Pembayaran tahun 2016. Pasal 34 beleid itu menyebut, “Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran dilarang: (a) melakukan pemrosesan transaksi pembayaran dengan mengunakan virtual currency.”

Bagian keterangannya disebutkan virtual currency adalah uang digital yang diterbitkan selain otoritas moneter yang diperoleh dengan cara mining. Antara lain Bitcoin, BlackCoin, Dash, Degecoin, Litecoin, Namecoin, Nxt, Peercoin, Primecoin, Ripple, dan Ven.