Hai sobat NgeblogAsyik.com, meningkatkan pengujung blog bisa dibilang susah-susah gampang. Ada yang bilang buat artikel minimal sekali sehari, lebih banyak lebih baik. Pernyataan itu kalo admin boleh bilang kurang tepat, sebab ada blog yang sudah bertahun-tahun saja masih mendapatkan ratusan pengujung per harinya, padahal mereka sudah punya ribuan post.

Namun ada juga yang hanya update seminggu sekali atau bahkan sebulan sekali, tetapi mereka punya ribuan traffic plus pembaca yang loyal.

Kenapa bisa terjadi demikian?

Sudah menjadi rahasia umum jika Search Engine merupakan sumber traffic terbesar dan tertinggi dari segi kualitasnya. Dulu seorang blogger akan bencari backlink dengan cara submit ke situs-situs social bookmark, guestbook, press release, PBN dan komentar di blog untuk mendapatkan peringkat 1, namun sekarang cara itu sudah tidak lagi efektif. Karena Google sudah melakukan depresiasi terhadap nilai backlink dari jenis situs tadi.

Namun sekarang jika seorang blogger ingin meningkatkan traffic ke blognya, bisa melakukan teknik SEO terbaru. Lakukan promosi atau pemasaran, kemudian mendapatkan pengunjung. Dari pengunjung yang berdatangan, ada sebagian yang akan memberikan backlink. Dari backlink jenis inilah sobat akan mendapatkan peringkat 1.

Langkah awal yang harus sobat lakukan adalah mendapatkan traffic non-organik dulu yang berasal bukan dari mensin pencari. Untuk mendapatkan traffic non-organik, lakukan hal-hal berikut ini.

1. Sediakan konten yang berpotensi viral
Disini saya mesti meluruskan bahwa kita tidak bisa menjamin konten yang kita buat akan menjadi viral. Namun kita bisa mengupayakan agar konten tersebut berpeluang untuk menjadi viral. Yang dimaksud viral adalah konten tersebut di-share oleh orang lain ke social media.

2. Aktif di Groups Facebook
Yang perlu sobat perhatikan sebelum bergabung dan aktif di group facebook, ketika link-link yang anda post tidak mendapat respon dari orang lain, maka secara tidak sadar anda sudah dicap sebagai spam oleh sistemnya. Sebab Facebook punya filter spam yang ketat.

Bergabunglah dengan group facebook yang sesuai dengan konten blog sobat. Sobat tidak boleh langsung menaruh link begitu saja sebelum kenal dengan anggota group. Seringlah kasih komentar apalagi dengan komentar yang bersifat solusi dari permasalahan yang dihadapi anggota group tanpa link. Setelah itu, baru sobat share link blog sobat.

3. Aktif di Komunitas Google+
Google+ Community jika dibandingkan dengan facebook, emang lebih sedikit penggunanya, namun isinya lebih bersih dari spam dan orang-orangnya lebih antusias.

Yang perlua diperhatikan disini adalah admin lebih menyarankan sobat untuk masuk ke komunitas, bukan membuat page dan publish artikel di page sendiri.