Hai sobat NgeblogAsyik.com, siapa sih yang ga kenal dengan Google Adsense? Yups Adsense adalah program kerjasama periklanan melalui media Internet yang diselenggarakan oleh Google. Melalui program periklanan AdSense, pemilik situs web atau blog yang telah mendaftar dan disetujui keanggotaannya diperbolehkan memasang unit iklan yang bentuk dan materinya telah ditentukan oleh Google di halaman web mereka.

Pemilik situs web atau blog akan mendapatkan pemasukan berupa pembagian keuntungan dari Google untuk setiap iklan yang diklik oleh pengunjung situs, yang dikenal sebagai sistem pay per click (ppc) atau bayar per klik.

Selain menyediakan iklan-iklan dengan sistem bayar per klik, Google AdSense juga menyediakan AdSense untuk pencarian (AdSense for Search) dan iklan arahan (Referral). Pada AdSense untuk pencarian, pemilik situs web dapat memasang kotak pencarian Google di halaman web mereka.

Pemilik situs akan mendapatkan pemasukan dari Google untuk setiap pencarian yang dilakukan pengunjung melalui kotak pencarian tersebut, yang berlanjut dengan klik pada iklan yang disertakan pada hasil pencarian. Pada iklan arahan, pemilik situs akan menerima pemasukan setelah klik pada iklan berlanjut dengan tindakan tertentu oleh pengunjung yang telah disepakati antara Google dengan pemasang iklan tersebut.

Banyak sekali para blogger yang menargetkan mendapatkan penghasilan dari kegiatan ngeblognya dengan menjadi Publisher Google Adsense. Namun sayang tidak semua blogger ditolak oleh google saat menjadi publisher dari Google Adsense. Untuk itu admin akan memberikan pengalaman admin Cara Jitu Daftar Google Adsense Full Approve yang pernah dilakukan admin.

Kapan mulai ngeblog?

Admin mengenal dunia ngeblog dan internet itu sejak tahun 2008 disaat admin sering ditugaskan keluar kota. Jujur di tahun 2008 dikota admin yang namanya akses internet jarang sekali, warnet pun hanya ada di kota kabupaten itupun bisa dihitung dengan jari. Berbekas sedikit ilmu mengoperasikan komputer setiap ditugaskan kantor ke luar kota, admin selalu menyempatkan waktu untuk kewarnet untuk belajar mengenai dunia Internet muali dari membuat email, dan yang lainnya.

Blog pertama yang admin buat adalah panakolpanci.blogspot.com, namun seperti yang admin sampaikan diatas karena keterbatasan akses internet, blog itupun terbengkali dan tidak dilanjutkan lagi. Namun semakin kesini akses internet semakin mudah, itu terbukti dengan banyak warnet hamper disetiap kecamatan paling tidak ada 1 warnet. Dari kondisi ini, keinginan ngeblog muncul lagi dengan target ingin menjadi Publisher dari Google Adsense. Paling tidak dalam setahun admin bisa membuat 2 sampai 5 blog, namun pada akhirnya semuanya tumbang karena admin tidak fokus dalam mengelola blog dan kontennya pun campuraduk kaya gado-gado.

Admin pernah beberapa kali mencoba mendaftar di Google adsense dengan bermodal blog, baik blog dengan domain blogspot, blog dengan custome domain sampai sampai admin beli domain dan sewa hosting sendiri. Namun usaha itu tidak meloloskan admin menjadi publisher Adsense dan jawaban dari Google selalu terkait dengan kualitas Webmaster.

Cara Saya Disetujui Google Adsense

Bagi sobat NgeblogAsyik.com yang selama ini berlum beruntung dan masih terus ditolak oleh Google Adsense jangan putus asa terus berkarya melalui ngeblog. Admin akan berbagi pengalaman cara daftar Google Full Approve. Namun perlu admin sampaikan disini, bahwa cara ini belum tentu bisa juga dilakukan oleh sobat, tetapi setidaknya bisa dijadikan referensi.

Template

Banyak blogger yang menyarankan  untuk menggunakan template bawaan blogger saat mendaftar Google Adsense. Namun saat mendaftar, admin tidak menggunakan template bawaan Blogger. Jadi kalo menurut pandangan saya sih, menggunakan template bawaan blogger tidak menjamin diterima oleh Google Adsense.

Saat akan menentukan template, pilihlah template yang sesuai dengan isi konten blog dan dan responsive.

Umur Blog

Banyak yang bilang jangan mendaftarkan blog ke Google Adsense sebelum blog berusia minimal 6 bulan. Namun admin bisa buktikan bahwa blog yang baru pun bisa didaftarkan dari diterima oleh Google Adsense. Blog ini dibuat pada tanggal 20 Pebruari 2018 dan didaftarkan ke Google Adsense pada 18 Maret 2018 dan di Approve pada tanggal 20 Maret 2018. Jadi saat mendapat email persetujuan dari Google Adsense umur blog ini tepat berusia 1 bulan dengan statistic kunjungan rata-rata dibawah 100 per harinya.

Jadi kesimpulannya, umur blog tidak menentukan di setujui atau tidaknya menjadi Publisher Google Adsense.

Baca: Cara Daftar dan Submit Sitemap Blog di Google Webmaster Tools Terbaru

Jumlah Postingan

Jumlah psotingan blog ini saat daftar berjumlah 16 buah postingan, namun semunya bukan hasil copy paste termasuk gambar-gambarnya. Semua yang dipublis di blog merupakan pengalaman admin sendiri. Menurut pendapat admin sih, bukan jumlah postingan yang banyak, tetapi yang penting adalah dari kualitas postingan itu sendiri. Setiap postingan yang admin publish, minimal terdiri dari 200 kata dan 1 gambar.

Namun sebelum didaftarkan ke Google Adsene, admin daftar blog ini ke Instant Article milik Facebook untuk melihat kualitas dari isi blog ini. Apa itu Instan Article? Nanti di pembahasan berikutnya admin akan bahas tuntas sampai step by step proses pendaftarannya.

Baca: Bagaimana Cara Mendaftar ke Bing Webmaster?

Daftarkan Blog ke Webmaster

Langkah ini dilakukan oleh para blogger agar blog mereka termasuk admin cepat terindex di Search Engine. Admin mendaftarkan blog ini kedua webmaster, yaitu Google Webmaster dan Bing Webmaster.

Widget dan Kelengkapan Blog

Agar blog kita terlihat menarik dan berdasarkan penelusuran admin kebanyak blog yang sudah memasang Google Adsense pasti ada menu about, Privacy Policy, Disclaimer, Sitemap sehingga admin memutuskan untuk memasang menu-menu tersebut dari sejak awal blog ini dibuat dan diletakkan di menu paling atas.

Selain menu-menu tersebut, admin juga memasang widget Recent Posts, Popular Post, Commnets, Archive dan widget laman facebook.