Siapa sih yang ga tau Google Adsense? Yups Google Adsense merupakan sebuah program periklanan milik Google.

Seorang publisher, cukup memasang kode yang disediakan Google untuk menayangkan iklan Google Adsense di blog/website nya.

Dengan Google Adsense, seorang publisher dapat menampilkan iklan yang menarik dan relevan bagi pengujung blog, bahkan menyesuiakan tampilan dengan blog kita.

Dari mana sumber iklan Google Adsense?

Mungkin sempat muncul pertanyaan seperti itu dipikiran sobat, hal itu juga sempat muncul dipikiran admin. Ternyata iklan yang tampil di Google Adsense merupakan iklan dari pemasang iklan di Google Adword.

Google Adsense menampilkan iklan yang dipasang pengiklan di Google Adwords. Dan Google akan membayar kita sebagai publisher untuk setiap iklan yang ditampilkan di blog berdasarkan klik pengunjung pada iklan atau tayangan iklan. Namun besaran nilai yang diperoleh seorang publisher tergantung pada jenis iklannya.

Cara Mendaftarkan Blog ke Adsense

Bagi pemilik blog yang menggunakan CMS blogger, sebetulnya sudah tersedia menu untuk mendafrakan blog nya ke Google Adsense yaitu Earning (Penghasilan). Namun ternyata, menu ini tidak tampil blogger, jika settingan bahasanya tidak menggunakan Bahasa Inggris.

Baca: Cara Jitu Daftar Google Adsense Full Approve

Untuk menampilkan menu earning (penghasilan), sobat ikuti langkah-langkah berikut.
1. Kli Setelan lalu pilih Bahasa dan pemformatan
2. Ganti setelan bahasa Indonesia menjadi bahasa Inggris
3. Klik Simpan setelan di pojok kanan atas lalu refresh laman blogger

Cara Menampilkan Menu Earning

Setelah muncul menu Penghasilan (earning), sobat klik Earning lalu pilih sign up for AdSense

Cara Daftar Google Adsense

Persyaratan untuk Diterima Google AdSense

Untuk persyaratan agar diterima saat daftar Google Adsense, sebetulnya tidak ada pasti. Sebab, yang admin alami sendiri, saat mendaftar sering ditolak. Padahal usia blog sudah lama, artikel sudah banyak dan view per harinya cukup banyak namun ditolak.

Tapi saat mendaftarkan blog ngeblogasyik.com ini langsung diterima. Padahal pada waktu mendaftar, usia blog ini belum genap 1 bulan, jumlah artikel baru 15 artikel dengan jumlah view yang masuh dibawah 100 view perhari.

Jadi tidak ada persyaratan khusus yang bisa memastikan sebuah blog bisa diterima saat mendaftar Google Adsense. Namun secara umum, syarat diterima menjadi Publisher Google Adsense adalah sebagai berikut.

1. Blogger berusia minimal 18 tahun
2. Konten blog bukan hasil copy paste, harus original
3. Memiliki konten yang berkualitas atau bermanfaat bagi pembaca

Cara Kerja Google Adsense

Cara kerja dari Google Adsense adalah iklan akan tayang di blog setelah kode iklan dibuat dan dipasang pda blog. Penghasilan dari Google Adsense diperoleh dengan dua cara, yaitu:

1. Klik (CPC)
CPC merupakan singkatan dari Cost Per Click, dimana iklan yang akan menghasilkan jika iklan diklik oleh pengunjung dan jangan coba-coba klik sendiri karena itu sebuah pelanggaran.

Baca : 6 Hal Terlarang Dilakukan Oleh Publisher Google Adsene

2. Tayang (CPM)
CPM merupakan jenis iklan Adsense yang baru menghasilkan jika sudah ditampilkan sebanyak 1000 kali.